Revli : Sultan Babullah Layak jadi Pahlawan Nasional


   


TERNATE, Sekertaris Jendral Gerakan Persaudaraan Pemuda (GEMA) Keadlian, Revli mendesak pemerintah pusat agar segera menetapkan Sultan Babullah sebagai pahlawan nasional.

    Sebagai putra Maluku Utara (Malut) yang baru terpilih sebagai Sekjen GEMA Keadilan dalam munas GEMA Keadilan 2 November 2015 lalu, Revli menilai sepak terjang Sultan Babullah yang gigih mempertahankan bumi Moloku Kie Raha dan berhasil mengusir Portugis pada tahun 1975 perlu mendapat apresiasi dari pemerintah.
    Akan tetapi, lanjut dia, sampai saat ini pemerintah belum memberikan gelar Pahlawanan Nasioanal kepada Sultan Babullah. “Memang Sultan Babullah sendiri tidak memerlukan pengakuan dari negara atas tinta emas yang telah ditorehnya pada abad ke 16 silam. Tetapi,  sebagai anak cucu berkewajiban mengahargai jerih payah dari perjuangan beliau. Salah satunya adalah pemberian Gelar Pahlawan Nasioanal tersebut,” ujarnya Selasa (10/11).
    Dikatakan, beberapa waktu lalu Pemerintah Kota Ternate sempat memproses pengajuan  usulan gelar Pahlawan Nasioanal kepada Sultan Babullah, namun hingga saat ini tidak ada titik terangnya. “Pemerinath mestinya menjelaskan ke publik apa kendalanya. Saya khawatir, jangan sampai ini dijadikan komuditas politik 5 tahunnan. Ini yang nanti kita sesali.” Tandas salah satu pendiri Forum Komunikasi Masyarakat Adat Moloku Kie Raha (FORMADA) itu. Karena itu, dia mengajak semua pihak, baik politisi, pemerintah, akademisi, sejarawan, dan elemen muda agar bersatu padu untuk mendesak pemerintah memberikan gelar Pahlawan Nasioanal kepada Sultan Babullah. “Bung Karno juga pernah meningatkan kita dalam petuah: JAS MERAH nya. Karena itu, hendaknya seluruh anak bangsa, putra-putri Moloku Kie Raha harus merasa terpanggil untuk memperjuangkan Sultan Babullah sebagai pahlawan nasioanal,” imbaunya. (jfr/pn).   
(Malut Post, 11 November 2015)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siap Ramaikan Pilkada Halsel, Revli akan perjuangkan Hak-hak Ulayat dan Kesejahteraan Masyarakat.

Revli diumumkan sebagai Caleg DPR RI PKS dapil Maluku Utara di sela-sela Rakorwil PKS Malut

Revli akan Usulkan Anggota DPD RI dapil Maluku Utara adalah Perwakilan 4 Kesultanan Moloku Kie Raha, Jika Terpilih