Obyek wisata di Maluku Utara





Obyek wisata yang ada di Provinsi Maluku Utara adalah :

1. Pantai Manaf,
salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Sanana. Lokasi pantai tersebut terletak kurang lebih 11 Km sebelah selatan dari ibukota kecamatan. Pantai yang berpasir putih dengan pemandangan alam pantai yang menarik, ombak yang tidak besar dan tenang sehingga aman untuk berenang dan memancing serta berjemur.

2. Danau Duma dan Makete,
Kedua Danau ini terletak di sebelah Utara Kecamatan Galela Kabupaten Halmahera Utara tepatnya di Lokasi Agro perkebunan pisang Calvendis. dengan memiliki panorama alam yang cukup indah serta airnya yang cukup tenang sehingga cocok untuk renang dan dayung. Lokasi ini dapat di capai dengan berbagai jenis kendaraan dari ibukota kecamatan dengan jarak 8 Km.

3. Danau Ngade dan Danau Tolire,
Kedua danau ini dapat dijumpai di Pulau Ternate. di sekeliling danau ini terdapat panorama alam yang menarik seperti tebing, tumbuh - tumbuhan air. di danau Ngade karena airnya tenang sangat cocok untuk dilakukan olah raga jet ski. dapat ditempuh dengan kendaraan umum selama 20 menit dari pusat kota.

4. Air Terjun Cibicebi,
Air terjun Cibicebi dengan ketinggian 14 meter mengalir ke sungai Waci dan bermuara ke pantai antara dua desa yaitu desa Waci dan Petetelei. untuk mencapai air terjun menempuh jarak kurang lebih 7 km dari waci dengan menggunakan perahu bermotor dalam waktu 30 menit. Buaya, Gurame, dan Bandeng adalah penghuni Sungai Waci.

5. Kepulauan Kayoa,
kepulauan Kayoa terdapat gugusan kepulauan yang sangat menarik perhatian para wisatawan karena dihampir setiap pulau memiliki berbagai jenis karang yang indah dan biota laut serta berbagai jenis ikan yang jumlahnya cukup banyak. pulau yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah Pulau Lelei dan Gura Ici karena disekitar pulau ini memiliki pasir putih yang halus dan taman laut yang indah. sangat cocok untuk berenang dan menyelam menikmati keindahan laut.

6. Pantai Kupa - Kupa dan Luari,
Kedua pantai ini terletak di Tobelo, Halmahera Utara. Memiliki Pasir Putih dan laut yang bersih dengan keindahan taman lautnya sangat cocok untuk perahu, berenang dan menyelam. dapat ditempuh dengan transportasi umum. selain kedua pantai tersebut didepan kota Tobelo dapat dijumpai pulau kakara, Tagalaya dan Tupu-tupu yang memiliki pasir putih dan taman laut yang indah.

7. Pulau Maitara,
Pulau Maitara adalah salah satu pulau dengan panorama indah yang terletak antara pulau tidore dan selatan Pulau Ternate. Pulau ini menyimpan berbagai kekayaan yang potensial untuk pengembangan pariwisata dimana sebagian lingkaran pantai berpasir putih dan terhampar di depannya alam bawah laut dengan keaneka ragaman ikan serta karang yang masih terpelihara dengan baik. pulau ini dapat dijangkau dengan speda motor hanya 15 menit dari pelabuhan bastiong Ternate.

8. Pulau Makian,
Pulau Makian adalah salah satu pulau yang pernah diduduki oleh bangsa portugis karena hasil cengkih. Pulau ini juga memiliki gunung api yang bernama kiye besi. Di Pulau ini juga terdapat tempat wisata seperti air panas di desa Pawate, di Pulau ini juga terdapat bentangan pasir yang bersih dan keindahan alam bawah laut, dan keindahan gunung Kiebesi.

9. Pantai Cobo,
Salah satu tempat wisata di Sebelah Utara Pulau Tidore yang terkenal dengan keindahan pantainya. Dari tempat ini dapat dilihat pulau - pulau lain disekitarnya seperti Pulau Halmahera dan Sidangoli. Dari tempat ini juga wisatawan dapat menikmati keindahan pada saat terbit dan terbenamnya Matahari, serta pemandangan lalulalangnya para nelayan.

10. Pulau Zum - zum,
Pulau Zum - zum, terletak di depan kota Daruba Morotai Selatan jarak kira kira 2 Km, sebuah pulau kecil dengan pasir putih yang indah. Di pulau ini juga sebagai tempat peristirahatan Jenderal MC Artur, pimpinan pasukan sekutu pada perang dunia II.

11. Pulau Dodola, Morotai,
Pulau ini tidak berpenghuni, terletak di depan Daruba, Morotai selatan sekitar 5 Km. Kedua pulau ini dikelilingi oleh pasir putih yang panjangnya 16 Km dapat dicapai dengan motor lokal dari Daruba. Pulau ini sangat cocok untuk berenang, berenang, menyelam dan berjemur dengan keindahan karang dan ikan. selain pulau Dodola terdapat juga Pulau-pulau kecil lainnya tang tak kalah menariknya seperti : Pulau Kokoya, Ngele-ngele, Galo-galo yang terletak disekitar pulau Dodola.

12. Taman Laut Pulau Widi,
Widi adalah pulau kecil dari Kep. Widi dan Pulau kecil terletak di Kec. Gane Timur, memiliki pasir Putih dan bersih dengan sejumlah ikan-ikan kecil dan besar serta jenis karang yang indah, sangat cocok untuk berenang, menyelam, dan berjemur.

13. Gua Sagea,
Terletak 5 Km dari Sagea Kecamatan Weda Kabupaten Halmahera Tengah dengan lebar pintu masuk 20 m2, Panjang kedalaman goa di perkirakan mencapai 30 Km.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siap Ramaikan Pilkada Halsel, Revli akan perjuangkan Hak-hak Ulayat dan Kesejahteraan Masyarakat.

Revli diumumkan sebagai Caleg DPR RI PKS dapil Maluku Utara di sela-sela Rakorwil PKS Malut

Revli akan Usulkan Anggota DPD RI dapil Maluku Utara adalah Perwakilan 4 Kesultanan Moloku Kie Raha, Jika Terpilih