Lezatnya Sashimi Ala Rakyat Maluku Utara



Pusat kuliner makan lokal di Pasar Rakyat Gamalama atau 500 meter dari pusat perbelanjaan di Kota Ternate mungkin kurang menarik dilihat. Tapi jangan salah. Pusat kuliner ini setidaknya menyimpan banyak menu makanan lokal yang lezat untuk dinikmati. Salah satunya: sashimi ala rakyat Maluku Utara.

Sebuah makanan ikan cekalang mentah yang dipotong kecil-kecil dan dicampur bawang merah, rica, garam, dan daun kemangi serta air jeruk nipis sebagai pengganti cuka untuk menghilangkan bau amis sangatlah nikmat untuk dicoba. Apalagi jika makanan lokal ini dimakan dengan ditemani sagu dan pisang rebus sambal terasi serta secangkir teh panas cukup menambah gairah makan kita.

Gamariah, salah satu pedagang makanan lokal, mengatakan masyarakat Maluku Utara mengenal makanan ikan mentah ini dengan nama gohu ikan. Makanan ini hampir diketahui seluruh masyarakat Maluku Utara dan sudah menjadi makanan khas daerah ini. “Makanya tak heran kalau banyak masyarakat yang suka makan gohu ikan,” kata Gamariah, 53 tahun,

Menurut Gamariah, gohu ikan merupakan salah satu makanan khas masyarakat Maluku Utara setelah popeda dan sagu. Makanan ini telah dikenal turun temurun dan sudah menjadi makanan pokok masyarakat Maluku utara yang hidup di pesisir pantai.

“Dulu makanan ini cuma dimakan dengan sagu dan teh panas, tapi sekarang karena sudah diperdagangkan jadi kami tambah lagi dengan pisang rebus sambal terasi,” ujar Gamariah.

Dalam sehari, ungkap dia, setidaknya bisa terjual hingga 50-60 porsi dengan pasokan 15 ekor ikan cekalang mentah. “Kami jual per porsinya Rp 20-25 ribu. Jadi makanan ini sangat banyak diminati, dan hampir semua warung makan makanan khas Maluku utara menjual ini,” ungkap Gamariah.

Sementara Iskandar Taran, salah satu pengunjung, menuturkan makanan gohu ikan merupakan makanan yang memiliki cita rasa cukup tinggi. Bahkan memakan makanan ini, seperti sama dengan menikmati hidangan makanan sashimi ala Jepang di restoran. “Memang enak, dan secara pribadi saya menilai makanan gohu ikan di Ternate lebih enak di bandingkan daerah lain di Indonesia,” kata Iskandar yang ditemui Tempo saat menikmati hidangan gohu ikan.

Meski begitu, Iskandar mengungkapkan, makanan gohu ikan yang dijual tersebut seharusnya sudah harus dipromosikan ke luar daerah. Selain makanan tersebut masuk dalam kelompok makanan tradisional, gohu ikan juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. “Gohu ikan ini bagi saya seharusnya dihidangkan juga saat ada tamu-tamu daerah. Ini penting untuk mengenalkan makanan tersebut. Apalagi dari sisi rasa sangatlah enak,” ungkap Iskandar. Sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siap Ramaikan Pilkada Halsel, Revli akan perjuangkan Hak-hak Ulayat dan Kesejahteraan Masyarakat.

Revli diumumkan sebagai Caleg DPR RI PKS dapil Maluku Utara di sela-sela Rakorwil PKS Malut

Revli akan Usulkan Anggota DPD RI dapil Maluku Utara adalah Perwakilan 4 Kesultanan Moloku Kie Raha, Jika Terpilih